Tips

13 Langkah untuk Mencari Pekerjaan Baru

Di pasar yang kompetitif saat ini, mencari pekerjaan baru bisa menjadi tantangan yang menakutkan. Anda mungkin tidak tahu harus mulai dari mana atau metode pencarian mana yang merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Jika Anda mencari pekerjaan pertama Anda atau mencari perubahan karir, Anda perlu mengetahui langkah-langkah paling efektif untuk melakukan pencarian pekerjaan yang sukses. Pada artikel ini, kita akan membahas 13 langkah yang dapat Anda ikuti untuk menemukan pekerjaan baru.

Baca lebih lanjut: Panduan Pencarian Kerja Penting

Pencarian pekerjaan setiap profesional akan bervariasi tergantung pada tingkat pengalaman, tujuan karir, dan pekerjaan yang mereka kejar. Berikut adalah 13 langkah yang dapat Anda ikuti untuk membantu Anda menemukan pekerjaan baru:Dapatkan terorganisirTetapkan sasaranMintalah saranMenulis resumeCari onlineGunakan kata kunciPertahankan akun media sosial AndaMenggunakan jaringan AndaBayar calon majikan kunjunganMenghadiri pameran kerjaEdit resume dan surat lamaran AndaLakukan penelitian AndaIkuti

Salah satu cara terbaik untuk memulai pencarian pekerjaan Anda adalah dengan mengatur proses Anda. Bagi banyak pencari kerja, ini berarti membuat spreadsheet atau dokumen yang berisi semua informasi yang Anda butuhkan untuk melacak aplikasi Anda, termasuk nama kontak Anda, tanggal yang Anda terapkan, nomor telepon, permintaan khusus, dan janji wawancara. Berisi semua data ini di satu tempat dapat membantu Anda memenuhi tenggat waktu dan mencegah Anda salah menempatkan informasi penting apa pun.

Pencarian pekerjaan bisa menjadi proses yang panjang. Untuk menjaga diri Termotivasi, tetapkan serangkaian tujuan yang dapat dicapai. Anda dapat berkomitmen untuk melamar sejumlah pekerjaan setiap hari, minggu atau bulan. Anda juga dapat menantang diri sendiri untuk menjawab sejumlah email yang ditentukan dalam beberapa jam. Menetapkan dan mencapai tujuan seperti ini akan mendorong Anda untuk tetap fokus dan positif selama pencarian pekerjaan Anda.

See also  Cara Mendapatkan Pekerjaan

Hampir semua orang yang Anda kenal harus mencari pekerjaan di beberapa titik dalam hidup mereka. Jangkau para profesional yang Anda kenal dan hormati dan minta mereka untuk menemui Anda untuk makan siang atau kopi. Mintalah saran kepada mereka tentang cara menemukan pekerjaan di ekonomi lokal Anda atau industri pilihan mereka. Kebanyakan orang senang membantu seorang teman yang membutuhkan dan banyak yang akan dapat menawarkan wawasan yang berharga.

Setelah Anda mencapai titik di mana Anda siap untuk mulai melamar pekerjaan, Anda perlu membuat resume berkualitas. Resume yang sukses berisi gambaran singkat tentang pendidikan, keterampilan, dan pengalaman Anda. Resume Anda harus profesional, diedit dengan baik dan dikemas dengan informasi. Resume Anda juga harus menyertakan informasi kontak Anda dan tautan ke portofolio atau profil jejaring sosial apa pun yang Anda ingin dilihat oleh calon majikan.

Karena internet telah berkembang dan perusahaan telah beradaptasi untuk menggunakan teknologi baru, semakin banyak lowongan pekerjaan tersedia secara online. Pencarian Google cepat untuk lowongan pekerjaan lokal akan memicu ribuan hasil. Untuk memilah-milah banyaknya informasi, Anda dapat menggunakan alat seperti mesin pencari kerja Indeed untuk mengetahui pekerjaan spesifik mana yang tersedia di dekat Anda.

Saat mencari online, penting untuk sedekah mungkin. Semakin fokus kata kunci Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk menemukan pekerjaan yang sempurna. Bereksperimenlah dengan menggunakan variasi dan kombinasi kata kunci yang berbeda untuk mendiversifikasi hasil Anda. Anda juga dapat berkonsultasi dengan daftar pekerjaan lokal untuk mendapatkan ide-ide untuk kata kunci yang berhubungan dengan profesi yang Anda inginkan dan keahlian tertentu.

7. Pertahankan akun media sosial Anda

Media sosial telah menjadi elemen yang semakin penting dari pasar kerja. Kandidat pekerjaan sering menggunakan media sosial untuk menjangkau calon majikan dan untuk berbagi resume mereka. Pengusaha sering memeriksa media sosial pelamar kerja untuk menentukan apakah mereka sesuai dengan merek perusahaan dan cocok untuk pekerjaan itu. Mempertahankan kehadiran media sosial profesional dan informasi dapat bermanfaat bagi pencarian pekerjaan Anda.

See also  Cara Mencari Pekerjaan di 2021: Tips dan Trik dari Para Ahli

Salah satu alat pencarian kerja Anda yang paling penting di jaringan profesional Anda. Jaringan Anda terdiri dari rekan kerja, majikan, teman, keluarga, guru, kenalan, dan orang lain yang berinteraksi dengan Anda secara teratur. Jika Anda menjangkau jaringan Anda dan memberi tahu mereka bahwa Anda mencari pekerjaan baru, kemungkinan salah satu dari mereka akan tahu tentang lowongan pekerjaan atau peluang karir. Jika mereka bersedia merujuk Anda atau memberikan surat rekomendasi, Anda akan segera meningkatkan peluang Anda untuk mengamankan wawancara.

Baca lebih lanjut: 10 Tips Untuk Membantu Anda Jaringan Seperti Pro

9. Bayar calon majikan kunjungan

Selain mendaftar secara online, Anda juga dapat menghubungi calon majikan dengan mengunjungi kantor mereka. Berpakaianlah secara profesional dan bawa salinan resume dan surat lamaran Anda, kartu nama, dan senyum. Ketika Anda tiba, mintalah untuk berbicara dengan anggota staf dari sumber daya manusia atau dengan perwakilan dari departemen yang Anda inginkan. Perkenalkan diri Anda dan tawarkan salinan dokumen Anda. Jika tidak ada yang tersedia untuk berbicara dengan Anda secara langsung, tanyakan kepada resepsionis meja apakah mereka dapat mengirim resume Anda ke kantor yang benar.

Terkait: Apa yang Harus Dilakukan Jika Anda Tidak Mendengar Kembali Dari Majikan

Metode dunia nyata lainnya untuk mencari pekerjaan adalah mendaftar untuk pameran kerja lokal. Job fair biasanya berbentuk perekrut mendirikan stan di sekolah atau pusat komunitas dan bertemu dengan karyawan potensial. Sebelum Anda mulai membuat sirkuit, pastikan Anda memiliki beberapa lusin salinan resume dan kartu nama Anda. Selain itu, Anda mungkin memerlukan buku catatan atau landasan hukum di mana Anda dapat melacak prospek atau penawaran apa pun yang mungkin Anda terima. Pameran kerja terkadang sibuk, tetapi mereka adalah cara yang bagus untuk mendapatkan resume Anda ke beberapa perusahaan sekaligus.

See also  Cara Terbaik Untuk Menemukan Pekerjaan: Enam Metode yang Benar-benar Bekerja

11. Edit resume dan surat lamaran Anda

Saat melamar pekerjaan, pastikan untuk membaca deskripsi dan persyaratan pekerjaan dengan hati-hati. Cari kata kunci dan frasa berulang yang dapat Anda edit ke resume atau surat lamaran Anda. Menyesuaikan resume Anda agar sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar adalah salah satu tips terbaik untuk membuat kesan yang baik pada calon majikan.

Ketika menulis surat lamaran atau mempersiapkan wawancara, penting untuk meneliti perusahaan dan tim eksekutifnya. Gunakan mesin pencari dan situs web perusahaan untuk mengetahui fakta-fakta yang relevan seperti ketika didirikan, nama CEO, nilai-nilai organisasi dan nama-nama anggota staf utama. Mengetahui informasi ini akan membantu Anda menulis surat lamaran yang lebih terfokus dan menjawab pertanyaan wawancara secara lebih khusus.

Jika beberapa hari telah berlalu sejak Anda mengajukan aplikasi dan Anda belum mendengar kabar dari perusahaan, sekarang saatnya bagi Anda untuk mengirim email tindak lanjut atau melakukan panggilan telepon tindak lanjut. Setiap komunikasi tindak lanjut harus ditujukan kepada manajer perekrutan atau kontak Anda dalam perusahaan. Anda harus memperkenalkan diri, menyebutkan tanggal Anda mengirimkan aplikasi Anda dan dengan sopan bertanya apakah ada kemajuan yang dibuat dalam proses perekrutan. Jawabannya mungkin “tidak,” tetapi sebagian besar pengusaha menghargai Anda mengambil inisiatif untuk menjangkau.