Tips

Cara Terbaik Untuk Menemukan Pekerjaan: Enam Metode yang Benar-benar Bekerja

Apakah Anda mencari pekerjaan pertama Anda setelah lulus dari perguruan tinggi atau sekolah menengah atau Anda ingin mengubah perusahaan atau kemajuan dalam karir Anda, penting untuk mengetahui cara mencari pekerjaan. Meskipun menemukan pekerjaan baru mungkin tampak menantang, ada banyak metode berbeda untuk menemukannya secara efektif dan efisien. Dalam artikel ini, kami memberi Anda enam cara efektif untuk menemukan pekerjaan yang tepat untuk Anda.

Terkait: Panduan Pencarian Pekerjaan Penting

Ada banyak cara berbeda untuk menemukan pekerjaan, mulai dari mencari di publikasi industri dan menjelajahi internet hingga berlangganan email pencarian kerja. Berikut adalah enam pendekatan berbeda yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan pencarian pekerjaan Anda:

1. Mintalah jaringan Anda untuk referensi.

Jika Anda mencari pekerjaan, Anda harus memberi tahu semua kontak Anda untuk membantu mereka membantu Anda menemukan kontak karir bersama. Jaringan adalah cara yang efektif untuk menemukan pekerjaan baru, dan pengusaha lebih suka menerima rujukan dari anggota staf tepercaya mereka. Banyak pekerjaan diisi secara internal dari rujukan bahkan sebelum diiklankan, jadi penting untuk berbicara dengan orang yang tepat untuk mendapatkan sebanyak mungkin rujukan dari dalam jaringan Anda.

Mulailah dengan membuat daftar semua orang yang Anda kenal dan tentukan orang mana yang mungkin tahu tentang posisi yang tersedia di industri Anda. Kemudian, Anda menjangkau orang-orang itu, mungkin menawarkan untuk minum kopi atau makan siang untuk mendiskusikan minat dan tujuan Anda lebih lanjut.

Bertujuan untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan orang-orang di jaringan Anda sehingga mereka memikirkan Anda terlebih dahulu ketika mereka mendengar lowongan pekerjaan. Beberapa pekerjaan dapat diisi dengan cepat, jadi Anda ingin memastikan bahwa Anda secara strategis berjejaring dengan orang-orang berpengaruh bila memungkinkan.

Terkait: 10 Pembuka Percakapan untuk Jaringan dan Membangun Hubungan

Kapan pun Anda bisa, Anda harus menghadiri acara jaringan tertentu di industri Anda. Acara seperti konferensi, eksposisi dan forum pendidikan berkelanjutan adalah tempat yang ideal untuk bertemu orang lain yang dapat membantu dalam pencarian pekerjaan Anda. Pastikan untuk mempersiapkan dengan tepat untuk acara-acara ini dengan memiliki kartu nama profesional dan salinan resume Anda dibuat, untuk memiliki di siap ketika bertemu perwakilan pekerjaan.

Jika Anda kuliah, hubungi jaringan karir atau alumni dan lihat acara apa yang mereka miliki untuk lulusan mereka. Bahkan jika acara jaringan ini tidak spesifik untuk industri Anda, Anda mungkin bertemu seseorang yang dapat merujuk Anda ke seseorang di bidang Anda.

See also  Cara Mencari Pekerjaan di Amerika Serikat sebagai Orang Asing

Terkait: 10 Tips Untuk Membantu Anda Jaringan Seperti Pro

Pencarian pekerjaan jauh lebih mudah sekarang karena sebagian besar perusahaan memiliki situs web yang dapat Anda targetkan secara langsung. Anda akan dapat mengajukan permohonan langsung untuk posisi yang tersedia yang terdaftar melalui situs web mereka.

Jika perusahaan yang Anda minati tidak memiliki pekerjaan yang relevan yang diposting di situs web mereka, hubungi mereka melalui email atau telepon untuk melihat apakah mereka ingin mempekerjakan seseorang dengan kualifikasi dan pengalaman Anda. Jika perusahaan tidak secara aktif merekrut untuk peran Anda, Anda mungkin tidak mendengar kembali dari mereka, tetapi mereka dapat membuat Anda tetap pada file jika posisi menjadi tersedia di masa depan.

Proses rekrutmen menghabiskan banyak uang, jadi jika majikan mendengar dari kandidat yang cocok secara langsung sebelum memposting pekerjaan, mereka mungkin lebih suka mempekerjakan Anda daripada menghabiskan waktu dan uang untuk mencari kandidat lain. Juga, jika sebuah perusahaan mengalami pertumbuhan yang cepat, mereka mungkin sangat terbuka untuk mendengar dari orang-orang yang memenuhi syarat, bahkan jika mereka belum mengiklankan posisi. Ini berlaku untuk perusahaan start-up yang belum sepenuhnya mempertimbangkan kebutuhan kepegawaian mereka.

Buat daftar perusahaan yang Anda minati untuk bekerja dan bagaimana Anda dapat menghubungi mereka. Perhatikan lowongan pekerjaan mereka saat ini di daftar Anda juga. Pikirkan baik-baik ketika mencari tahu apa yang ingin Anda katakan kepada setiap perusahaan, dan pertimbangkan untuk menulis surat lamaran formal untuk menyampaikan bahwa Anda akrab dengan mereka dan untuk menjelaskan mengapa Anda akan menjadi karyawan yang ideal.

Jika Anda ingin melamar sejumlah besar pekerjaan dengan cepat dan efisien, gunakan platform pencarian kerja untuk memberi daya pada pencarian Anda. Sebagian besar mesin pencari kerja teratas akan memungkinkan Anda untuk mencari pekerjaan berdasarkan lokasi, upah, dan kata kunci. Juga, jika memungkinkan, unggah resume dan surat lamaran yang dapat Anda sesuaikan dengan setiap aplikasi.

Platform pencarian kerja sangat bagus karena memungkinkan Anda untuk menyaring hasil pencarian kerja yang tidak berlaku untuk Anda, sementara juga memungkinkan Anda untuk mengatur peringatan pencarian kerja khusus untuk mengingatkan Anda ketika pekerjaan diposting yang memenuhi kriteria Anda.

See also  Cara Mendapatkan Pekerjaan

Job atau career fair adalah acara khusus yang bertujuan untuk membuat perusahaan dan calon karyawan bersama-sama berjejaring dan berbagi informasi. Acara ini sering dikunjungi oleh perusahaan besar yang ingin merekrut sejumlah besar karyawan serta lulusan baru untuk program pelatihan. Ada organisasi dari semua ukuran, perekrut dan bahkan mungkin perguruan tinggi dan universitas di acara-acara ini.

Pameran kerja adalah kesempatan besar untuk jaringan dan mendistribusikan resume Anda kepada calon majikan. Ini adalah ide yang baik untuk meneliti pameran yang akan datang sebelumnya untuk mencari tahu perusahaan mana yang akan hadir sehingga ketika Anda berbicara dengan perekrut mereka, Anda akan membuat kesan yang baik dan berpengetahuan luas. Ingatlah untuk membawa kartu nama Anda dan banyak resume bersama Anda. Tergantung pada jenis pekerjaan yang Anda lamar, Anda mungkin juga perlu mengambil sampel pekerjaan Anda, portofolio dan / atau referensi dari majikan masa lalu.

Karena Anda akan bertemu dengan calon majikan baru untuk pertama kalinya, bertujuan untuk membuat kesan pertama yang hebat dan mengenakan pakaian profesional yang sesuai. Ini juga merupakan ide yang baik untuk membuat daftar pertanyaan yang ingin Anda tanyakan kepada perekrut. Anda akan membuat kesan yang mengesankan jika Anda tampak benar-benar tertarik pada sebuah perusahaan. Juga, pastikan bahwa Anda ramah dan kepribadian ketika berbicara dengan calon majikan dan bahwa Anda terdengar percaya diri dan mempertahankan kontak mata saat berbicara.

Dalam seminggu setelah job fair, pastikan untuk menindaklanjuti dengan orang-orang yang terhubung dengan Anda. Bahkan jika Anda telah memutuskan bahwa perusahaan tidak cocok untuk Anda, adalah sopan untuk berterima kasih kepada individu dan menambahkannya ke jaringan Anda. Anda tidak pernah tahu kapan kontak akan berguna dalam perburuan pekerjaan Anda di masa depan.

Ada banyak platform media sosial yang berbeda yang dapat Anda gunakan untuk mencari pekerjaan dan berinteraksi dengan perusahaan tempat Anda ingin bekerja. Anda dapat mencari halaman perusahaan di situs-situs seperti Facebook dan Instagram dan mengikutinya, di mana pun mereka berada di dunia. Dengan tetap up to date dengan halaman media sosial perusahaan, Anda dapat memperoleh wawasan berharga tentang nada, minat, dan gaya kerja mereka. Anda juga dapat mengomentari posting mereka dan mulai membangun hubungan dengan mereka. Anda bahkan mungkin mendengar tentang lowongan pekerjaan yang mereka miliki melalui saluran ini.

See also  10 cara cerdas untuk mencari pekerjaan

Jika Anda menggunakan media sosial untuk tujuan profesional, penting untuk membuat profil Anda sendiri cocok. Mereka harus menyampaikan citra yang baik dari Anda, meskipun Anda menggunakan platform untuk tujuan pribadi daripada profesional. Gunakan nama asli Anda dan hanya publikasikan gambar dan posting yang sesuai.

Jika Anda menggunakan pendekatan ini, itu adalah ide yang baik untuk kembali melalui konten yang telah Anda posting dan memastikan bahwa semua yang Anda miliki di profil Anda cocok untuk calon majikan untuk melihat. Tanyakan pada diri Anda apakah profil media sosial Anda menunjukkan kepada Anda dan gaya hidup Anda dengan tepat dan profesional.

6. Tanyakan pada agen kepegawaian.

Mendaftar dengan agen kepegawaian atau rekrutmen mungkin layak dipertimbangkan jika Anda ingin mencari pekerjaan yang lebih efektif. Sebagian besar kota memiliki beberapa agen kepegawaian yang dapat Anda daftarkan. Beberapa khusus industri dan yang lainnya berurusan dengan banyak industri yang berbeda. Anda mungkin perlu memberikan resume serta salinan sertifikasi dan kualifikasi Anda, dan Anda mungkin perlu mengikuti tes seperti kecepatan mengetik atau pengetahuan tentang industri tertentu.

Beberapa lembaga mungkin hanya berurusan dengan kontrak jangka pendek dan sementara pada awalnya. Ini mungkin tidak persis apa yang Anda harapkan tetapi jika Anda mendapatkan pekerjaan sementara dengan perusahaan dan mengesankan mereka dengan pekerjaan Anda, itu bisa mengarah pada pekerjaan permanen. Ini juga memberi Anda kesempatan untuk bertemu orang-orang yang bekerja di industri Anda, yang dapat mengarah pada peluang jaringan atau rujukan lainnya.

Kontrak jangka pendek juga dapat memberi Anda pengalaman lebih lanjut untuk mengetahui apakah Anda benar-benar cocok untuk peran tersebut. Ini berguna jika Anda tidak sepenuhnya yakin jenis pekerjaan apa yang ingin Anda lakukan.

Sebuah agensi memiliki reputasi untuk ditegakkan, jadi jika Anda merenungkannya dengan baik, maka Anda akan memiliki pengalaman positif yang dapat mengarah pada peluang yang semakin baik.